Kian hari penggunaan dan peranan data semakin penting dalam hal pekerjaan kita. Penggunaan data memudahkan proses pengambilan suatu keputusan, dan tidak hanya itu, keputusan yang diambil berdasarkan data tentunya terbukti lebih efektif dan efisien. Di dalam dunia marketing sendiri data merupakan “tools” ampuh bagi para marketer untuk menyusun dan merencanakan strategi supaya mencapai goals yang diinginkan. Tidak heran kemudian data disebut sebagai sahabat para marketer.
Data dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara yang salah satunya tidak lain adalah data driven. Data driven marketing mengharuskan marketer untuk mendasarkan seluruh perencanaannya berdasarkan data yang dimiliki. Dengan menggunakan data, marketer dapat mendapatkan berbagai informasi seperti jangkauan kampanye yang telah dibuat, bagaimana audiens merespon terhadap kampanye tersebut yang nantinya insights yang didapatkan berdasarkan data tersebut dapat membantu marketers untuk meningkatkan kualitas dan performa kampanyenya.
Mengapa data-driven marketing ini perlu?
Tidak dapat kita pungkiri lagi, seperti penjelasan pada artikel sebelumnya bahwa data ini ada di sekitar kita. Era big data ini memungkinkan kita mendapat berbagai data dari banyak sumber, sehingga kemampuan untuk mendapatkan data konsumen ini cukup mudah dilakukan. Tanpa kita sadari, data sudah menjadi dasar dari setiap marketing campaign dan industri periklanan yang kita lihat saat ini. Data driven marketing menawarkan solusi dan peluang untuk terhubung ke konsumen pada level yang lebih dalam.
Apa saja manfaat penerapan data-driven marketing untuk bisnismu?
Manfaat penerapan data driven marketing dapat dipersingkat menjadi “to the right people, in the right place, at the right time”. Penerapan data driven marketing lebih dari sekedar mengukur CPC yang efektif, dan lainnya. Sebagai pemasar kita juga bisa menikmati ROI yang besar dari penerapan data-driven marketing yang tepat.
- Membantu menargetkan target yang lebih akurat dan spesifik
Data mengenai audiens atau konsumen yang sudah dimiliki akan sangat membantu dalam hal menggambarkan dan mengelompokkan persona audiens. GDP Network sebagai “the first audience-based programmatic advertising” di Indonesia memiliki lebih dari 60 juta data unik audiens dari berbagai interest dapat menjadi solusi untuk kebutuhan data audiens brandmu. Data audiens yang dimiliki dapat dikelompokkan dan disesuaikan berdasarkan kebutuhan kampanye untuk memenuhi jangkauan dan ketepatan target yang disasar.
- Menyajikan pada waktu yang tepat
Selain menargetkan kepada audiens yang tepat, penggunaan data driven marketing juga dapat membantu menyampaikan pesan dari kampanye yang dijalankan pada waktu yang tepat. Kita dapat mengetahui kapan konsumen sedang aktif karena kita memiliki data bagaimana perilaku konsumen tersebut. Lewat data behavior audiens yang dimiliki GDP Network, kamu dapat mengetahui bagaimana perilaku audiens yang sesuai targetmu dan menyesuaikannya ke kampanyemu supaya lebih optimal.
- Memberikan penawaran yang tepat
Target dan waktu yang tepat, kemudian penawaran yang tepat. Data driven marketing memungkinkan kita memberikan penawaran yang tepat sesuai dengan keinginan dan minat audiens. Data GDP Network dapat disegmentasikan dan dikelompokkan kedalam berbagai jenis kategori, baik itu usia, gender, interest, dan behavior. Selain itu kami juga dapat melakukan custom targeting, sehingga memungkinkan target audiens yang diinginkan lebih akurat. Dengan mempertimbangkan persona audiens, apa yang mereka inginkan, kemudian kita dapat memutuskan konten atau pemasaran seperti apa yang paling cocok.
- Membantu memilih saluran yang tepat
Selain ketiga hal sebelumnya, data driven marketing juga memungkinkan kita untuk memilih saluran yang tepat untuk menjalankan kampanye kita. GDP Network memiliki data yang didapatkan dari publisher di bawah GDP Network maupun di luar GDP Network, hal ini memungkinkan kamu untuk memilih publisher yang paling efektif dan paling cocok bagi audiensmu.
Jadi, apakah kamu siap untuk meningkatkan brand mu dengan data driven marketing? Tingkatkan kualitas iklanmu ke level selanjutnya bersama GDP Network!
Source:
https://www.adverity.com/data-driven-marketing
https://adage.com/article/kantar/how-marketers-can-better-leverage-data-grow-their-brands/2379881